30-10-1938: Cerita di Radio Membuat Panik Rakyat AS Kisah “War of the Worlds” di radio menceritakan serangan alien ke Bumi

Pada 74 tahun yang lalu, siaran radio dari seorang sineas bernama Orson Welles membuat heboh para pendengar di Amerika Serikat. Dalam cerita lewat radio, Welles secara dramatis mengisahkan invasi bangsa dari Planet Mars ke Bumi sehingga seolah-olah tampak nyata.

Menurut The History Channel, pada dekade 1930an televisi masih merupakan barang yang langka. Publik di Amerika pun mengandalkan siaran radio untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

Pada 1938, salah satu siaran radio yang terkenal adalah “War of the Worlds,” yaitu kisah peperangan antara warga Bumi dengan mahluk asing dari Planet Mars. Cerita radio ini diadaptasi dari sebuah novel fiksi sains dengan judul yang sama, yang dibukukan pada 1898.

Sebelum berkecimpung di dunia film, Welles sudah terkenal sebagai pembaca cerita-cerita di radio. Namun, yang paling menggemparkan adalah saat mengisahkan “War of the Worlds.” Welles, yang saat itu masih berusia 23 tahun, mampu menarasikan kisah itu dengan suasana yang mencekam.

Siaran cerita itu dimulai pada Minggu, 30 Oktober 1938, pada pukul 8 malam di stasiun radio CBS. Welles pun tidak bermaksud membuat berita bohong, saat memulai narasi dengan laporan cuaca. Namun daya narasinya beserta bantuan efek suara mampu membuat cemas para pendengar, seolah-olah negeri mereka sedang diserang mahluk luar angkasa dan suasana menjadi kacau setelah muncul “berita” jatuhnya meteor dan mahluk asing berhasil membunuh 7.000 tentara AS.

Gara-gara kisan di radio yang sangat mencekam itu, tidak sedikit pendengar yang terbawa suasana. Di New Jersey, para warga terjebak macet saat ramai-ramai ingin mengungsi dari kota. Lalu ada pula yang datang ke kantor polisi sambil meminta masker agar terhindar dari serangan gas beracun.

Bahkan ada pula warga yang minta perusahaan-perusahaan listrik untuk memadamkan lampu di rumah mereka agar tidak terlihat oleh alien. “New York sudah hancur! Ini adalah akhir dunia! Pulanglah dan bersiap untuk mati!” demikian seru seorang perempuan kepada para jemaat suatu gereja di Indianapolis tak lama setelah mendengar kisah “War of the Worlds.”

Begitu berita kepanikan massal sampai ke stasiun radio CBS, Welles pun buru-buru mengadakan siaran tambahan. Dia mengingatkan bahwa kisah “War of the Worlds” itu hanya fiksi, bukan peristiwa nyata.

Pemerintah pusat pun sempat menyelidiki kepanikan massa itu. Namun, Welles dan CBS tidak melanggar hukum, mereka diperingatkan agar jangan sampai lagi membuat siaran yang bisa membuat panik warga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s